5 Tempat Wisata Alam di Magelang Yang Nggak Kalah Hits Dari Jogjakarta

Magelang tak hanya memiliki Candi Borobudur yang megah dan merupakan salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan. Kota yang berada di antara Jogjakarta dan Semarang ini juga punya banyak tempat wisata seru, yang beberapa di antara selama ini dikenal sebagai bagian tur dari wisata ke Jogja.

Dengan lokasi yang berbatasan langsung, nggak heran kalau banyak wisatawan yang salah memahami batas wilayah. Nah, biar kamu nggak ikutan salah paham juga, simak yuk tempat-tempat wisata di Magelang yang nggak kalah ngehits dari Jogjakarta dan sedang ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2018 ini.

Ketep Pass

(wisatamagelang.com)

Melihat puncak Gunung Merapi dan Merbabu dari jarak dekat tanpa perlu naik gunung, di sinilah tempatnya. 

Ketep Pass.


Dulu, tempat ini hanyalah gardu pandang untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi dan Merbabu. Namun sejak tahun 2002, Ketep Pass resmi menjadi tempat wisata di Magelang yang bebas dikunjungi masyarakat umum.

Ketep Pass terletak di Desa Sawangan dengan ketinggian 1.200 mdpl yang membuat udara di sini terasa sejuk. Untuk menikmati pemandangan indahnya, disarankan untuk datang ke sana pada pagi menjelang matahari terbit atau sore hari. Jangan lupa, tempat ini tutup pada pukul 17.00 WIB, jadi jangan berangkat terlalu sore ya.


Punthuk Setumbu

(Mujibur Rohman-trover.com)


Tak bisa dipungkiri, nama Punthuk Setumbu menjadi lebih tenar setelah masuk film layar lebar Indonesia. Sebelumnya, kawasan perbukitan yang letaknya tak jauh dari Candi Borobudur ini sudah terkenal di kalangan para pemburu matahari terbit. Dan kamudian makin populer setelah masuk film AADC 2.

Punthuk Setumbu berada di Jl. Borobudur Ngadiharjo Km 3, Kurahan, Karangrejo. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik kendaraan pribadi atau ikut open trip yang punya jadwal reguler ke Punthuk Setumbu. Mengambil trip dari travel terpercaya juga bisa jadi pilihan yang lebih mudah, praktis tinggal cek www.traveloka.com saja misalnya.

Pemandangan utama dari kawasan ini adalah cahaya matahari terbit yang luar biasa indahnya. Jadi, siapkan diri untuk bangun pagi buta agar bisa mendapatkan pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu.

Puncak Gunung Andong

(wisatalicious.com)

Salah satu tempat wisata di Magelang yang memiliki pemandangan sunset terbaik adalah Puncak Gunung Andong. Tak perlu khawatir soal pendakian ke gunung ini, karena rutenya sangat ramah bagi pemula, tidak memerlukan skill khusus untuk mendaki ke sana. 

Karena keramahan jalur menuju puncaknya yang berada di ketinggian 1.726 Mdpl, nyaris setiap hari Gunung Andong ramai dikunjungi wisatawan. Dari puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan dari beberapa gunung yang ada di sekitarnya, sungguh memesona.

Sukmojoyo Hill

(instagram.com/apriyanto_photo)

Bukit yang paling ngehits di Magelang sepanjang 2018 ini adalah Sukmojoyo Hill. Dari tempat ini, pemandangan matahari terbit terlihat dengan indahnya. Dan ketika matahari sudah berada di atas kepala, pemandangan alam yang cantik membentang di depan mata.

Tidak hanya menawarkan view sunrise yang cantik, Sukmojoyo Hill juga memiliki spot foto kekinian yang ngehits. Udara di tempat wisata yang terletak di lereng Bukit Menoreh ini juga sangat sejuk. Cocok buat liburan sendirian atau bareng dengan keluarga.

Masih ada banyak tempat wisata lain di Magelang yang bisa kamu jelajahi, baik wisata alam maupun sejarah. Tinggal browsing info tiket dan hotel, juga tempat makan di sekitar Magelang agar kunjunganmu kesana bisa terasa lebih nyaman dan sesuai dengan keinginan kamu.

Liburan ke Magelang yuk!

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga kita selalu menjadi ibu yang bahagia :)