Merencanakan Staycation Untuk Melepas Penat


Dikutip dari beberapa sumber, sebuah survei yang dilakukan terhadap dua ribu ibu rumah tangga di Amerika yang memiliki anak-anak berusia 5-12 tahun, menemukan bila pekerjaan Ibu rumah tangga membutuhkan jam kerja yang lebih panjang.

Bisa-bisa ibu rumah tangga sehari bekerja lebih dari 14 jam. Mereka akan bekerja dari pukul 6 pagi sampai jam 8 malam.

Selain itu, rata-rata para ibu rumah tangga hanya memiliki 1 jam 7 menit untuk dirinya sendiri setiap hari.

Menurut Casey Lewsi, pemimpin kesehatan dan gizi dari Welch’s, sebuah perusahaan jus dari Amerika Serikat, ibu rumah tangga tidak hanya memiliki beban kerja yang ketata, tetapi juga harus memenuhi kebutuhan keluarga. Mulai dari membuat makanan sampai membersihkan rumah setiap hari.

Penelitian lain yang dilakukan pda tahun 2013 oleh ahli optik Jul_Eye, juga menemukan kalau daftar tugas ibu rumah tangga rata-rata terdiri dari 26 tugas yang mencakup dari belanja keperluan rumah.

Ibu rumah tangga mengatur makanan ringan, membuat sarapan, membersihkan rumah, sampai mengingat tanggal-tanggal penting.



Sumber artikel: Woman Talk

Cuman pengen bilang ‘fiuhhh’ aja sih pas baca artikel ini. Gak nyangka, pekerjaan seorang ibu rumah tangga itu memang sedemikian rumitnya. Kalau kita bekerja di kantor, mungkin kita punya jam kerja tertentu setiap hari, dan mengerjakan pekerjaan tertentu saja sesuai dengan keahlian masing-masing. Sedangkan sebagai ibu rumah tangga, kita dituntut cekatan, disiplin, tangguh, dan kuat baik secara mental maupun fisik.

Lebay ya kayaknya? Tapi kenyataannya memang begitu ya, mengurus pekerjaan rumah apalagi anak-anak, menyita semua kekuatan kita baik mental maupun fisik.

Makanya sungguh kutakjub dengan para working mom yang bisa membagi waktunya dengan sangat baik antara pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor. Sungguh strong sekali.

Terakhir saya liburan yang benar-benar berasa liburan adalah ketika saya pergi ke Kuala Lumpur dan Melaka. Saya berangkat bersama rombongan Moztrip dari Blogger Muslimah, dan waktu itu saya berangkat bersama ibu mertua serta dalam keadaan hamil Aksara 16 minggu.

Setelah itu, hingga melahirkan dan sekarang Aksara berusia 5,5 bulan, saya belum merasakan lagi tuh yang namanya liburan yang beneran liburan. Hahaha. Biasanya kalau liburan tuh ya cuman mindain tempat ngasuh anak aja. Tetep ngasih makan, ngawasin, gendong, dan perintilan momong anak lainnya.

Dua minggu yang lalu pun Kifah ngajak ke pantai, tapi tetep aja sih kok saya belum berasa liburan ya, malah udahannya sakit kaki dan badan karena kecapean, wkwkwkwk. Belum beneran refresh.


Ngasuh anak di Pantai


Kemarin waktu pulang kerja, Abbiy nanya, “Kok Ummi ketawa-ketawa sih, happy gitu, kenapa? Abis ngerjain apa?”

Saya mikir, “Hmmmm, kayaknya abis bikin draft blog deh kayaknya, hehehe.” Jawab Saya.
“Oh, mungkin gara-gara nulis, Ummi jadi merasa lebih produktif kali ya.” Kata Abbiy.

“Bisa jadi sih, ngerasa plong kali ya kalau habis nulis blog, karena udah lama banget gak nulis atau nge-draft walau pun sedikit.”

Sungguh ku tak menyangka, ternyata nulis blog me-release penat dan energi negatifku sebanyak itu, ternyata ‘liburanku’ bukan lagi ke tempat indah atau ke tempat yang lagi hits. Me time dan refreshing time itu justru ketika sedang cerita, ngoceh, dan ngedumel di laman blog ini.

Hahaha, akan tiba saatnya nanti kali ya, saya seneng jalan jauh lagi, ketika anak gak senemplok sekarang, dua atau tiga tahun lagi insya alloh.

Merencanakan Staycation

‘Enak kali ya kalau nulis blog sambil staycation bareng keluarga, anak-anak ada yang jaga sambil main atau renang di kolam renang, dan saya sendiri nulis di pinggir kolam atau di balkon kamar sambil menatap pemandangan baru, gak pemandangan rumah yang itu-itu aja.”

Kali ini saya pengen banget bisa nginep di Bandung, tapi bareng sama anak-anak, suami, Bapak, Mamah, dan juga adek saya semata wayang. Kenapa di Bandung? Karena udaranya sejuk, kuliner enak, hotel banyak pilihannya, deket sama rumah mertua, dan tentunya jaraknya yang gak terlalu jauh, tinggal naik mobil aja.

Rencananya saya mau Staycation menjelang puasa, karena pas puasa pasti udah pengennya khusuk di rumah aja, syukur-syukur bisa itikaf juga, amiinnn.

Makanya rencananya sebelun Ramadhan aja deh, biar lebih enak waktunya.

Mencari hotel via Pegipegi

Kenapa saya pakai aplikasi Pegipegi buat booking hotel? Karena harganya bisa dicari dari yang termurah sampai yang termahal. Jadi kita bisa atur banget budgetnya berapa untuk nginep di hotel. Karena kalau buat transportasi insya alloh lebih murah karena bawa kendaraan sendiri.

Selain itu, yang review Pegipegi juga banyak. Dan banyak review positif juga dari para pengguna aplikasi Pegipegi, tentang hotel maupun akomodasi liburan.

Hotel yang saya cari adalah yang kamarnya cukup luas, ada dua tempat tidur, ada kolam renang atau play ground untuk anak. Karena saya mau santai-santai ngetik di laptop nulis blog nantinya.

Selain itu, saya juga pengennya deket daerah Lembang atau Setiabudi, supaya udaranya sejuk dan deket ke rumah ibu mertua yang ada di Jalan Geger Kalong Girang.

Lebih Mudah Pakai Aplikasi Pegipegi

1.Mudah mengatur budget


Harga bisa kita anggarkan sendiri


Ini yang paling saya suka, bisa nyesuain budget yang ada. Beneran enak banget kalau gini, tinggal tambahin aja budget lain misal mau kulineran atau mau jalan-jalan ke tempat wisata di sekitar hotel. Tapi saya pengen Staycation aja sih, tok. Gak pengen kemana-mana, hahaha. Pengen tiduran sepuasnya, nulis, bengong, pokoknya diem aja, wkwkwkw.


2.Bisa Sortir Sesuai Kebutuhan


Bisa banyak filter sesuai kebutuhan kita

Saya nyari yang ada kolam renangnya, supaya anak-anak betah. Soalnya saya pernah Staycation, udah bawa baju sama peralatan renang tapi ternyata kolam renangnya gak ada, mwahaha. Duh, daripada kecewa, akhirnya Kifah mandi di kamar mandi lama banget, main air sepuasnya aja dia.

3.Tinggal Booking dan Transfer


Banyak pilihan kan ternyata

Mari kita pilih


Kemudahan ini memang gak ada duanya. Booking hotel bagaikan beli jajanan online aja.

4.Banyak Promo


Harganya passs dikantong

Lumayan promonya lho


Wanita mana yang gak suka Diskon. Pegipegi banyak ngasih diskon buat pembayaran hotel, kan lumayan, uangnya bisa dipake buat beli cemilan buat leyeh-leyeh nanti.

5.Layanan Call Center 24 Jam

Kalau ada apa-apa bisa nelpon CS Pegipegi 24 jam, gak khawatir kalau ada kendala atau masalah ketika proses booking atau ketika check in hotel nanti. Yassshhh.

___

Dulu saya agak aneh sama orang yang demen Staycation di hotel. Ngapain coba diem-diem aja gitu, gak asik banget. Tapi sekarang ketika anak 3 begini, baru berasa. Diem dan leyeh-leyeh seharian di kasur itu berharga dan bermanfaat banget buat bikin otak istirahat.

Dan sekarang, nyari hotel buat diem selonjoran sejenak, ngeblog, dan berkontempasi ((((KONTEMPLASI)))) mudah pakai aplikasi Pegipegi. Tinggal nabungnya aja yang rajin mulai sekarang.

Tertarik buat Staycation juga, Mak?

8 komentar

  1. Ini mah aku bgt. Bntar bentar staycation. Jenuh dikit,larinya ke stsycation. Klo aku biasa pesan tiket pesawat di Pegi Pegi. Bnyk diskonnya wkwkwk. Pegi pegi pilihan bgt deh

    BalasHapus
  2. Enak ya pakai pegipegi. Lengkap semua ada sampai harga promo. Aku pakai pas ke Cirebon kak

    BalasHapus
  3. JAdi pengen banget staycation, mba. Udah lama nggak liburan kayaknya ini adalah waktu yang tepat buat stayvacation :)

    BalasHapus
  4. biar enak memang sebelum stayvaction dicek dulu semuanya mulai dari harga hotel, tiket dll jadi liburannya jadi menyenangkan

    BalasHapus
  5. Aku juga baru nyobain staycation sekali bareng anak-anak dan mereka ketagihan. Nanyain terus kapan bisa staycation lagi. Nanti mau coba cari hotelnya via pegipegi juga ah biar bisa hemat.

    BalasHapus
  6. Ah udah lama nggak jalan-jalan staycation sama anak-anak, ngingetin aja nih mamah Tetty. Oke deh ntar aku cek-cek pegipegi.com

    BalasHapus
  7. Ya Allah aku rindu staycation, aku rindubliburan dan rest dari rutinitas kerja dan kerja wkwk. Moga tabungan segera ngumpul aamiin

    BalasHapus
  8. Dulu saya mikirnya

    Halah, rumah dekat.. ngapain nginep hotel?
    Wah ternyata sekarang..
    Setiap ada weekend sedikit lebih panjang

    Rasanya stay cation itu perlu

    ga capek capek, karena diam disana.. tapi tetap saja.. recharge mind gitu loh

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga kita selalu menjadi ibu yang bahagia :)