Cerita Mombassasor SGM Eksplor: Apakah Saya Seorang Bunda Generasi Maju?


Halo Bunda, apa kabarnya? Bagaimana hari ini apakah bahagia?

Dalam series Cerita Mombassador SGM Eskplor kali ini, saya ingin membahas sesuatu yang mungkin sepele jika dipikirkan dan dikatakan, yaitu kebahagiaan.

Bulan lalu, booming film tentang Ibu rumah tangga, yaitu Kim Ji Young Born 1982. Saya sendiri sempat menontonnya di bioskop bersama sahabat saya Amel, disela-sela kesibukan kami sebagai Ibu rumah tangga.

Ketika menonton film tersebut, seketika pikiran saya mengingat sebuah komunitas yang saya ikuti yaitu Mombassador SGM Eksplor.

Loh, kok ingatnya Mombassador SGM Eksplor? Emangnya ada iklan susunya ya di filmnya? 

Hehehe, gak ada kok, gak ada.

Kenapa saya ingat komunitas SGM Eksplor? Karena saya merasa related sekali dengan diri saya dan juga film Kim Ji Young ini.

Dikisahkan seorang ibu muda yang mengalami mental disorder karena terlalu lelah mengerjakan rutinitas setiap hari, ia terkena stres dan depresi, karena merasa "kehilangan" dirinya semenjak menikah dan memiliki seorang anak.


Oh, Wow.

Itu memang beneran sering terjadi di masyarakat kita. Bahkan saya pun pernah merasakan, kosongnya hidup saya ini. Setiap hari hanya mendengar rengekan bayi, nyuci baju, nyuci piring, masak, makan, tidur lagi, bangun lagi, begitu aja repeat setiap hari.

And it was make me feel so tired, gaes.

Mungkin, gak sampai menderita mental disorder seperti Kim Ji Young (ya jangan sampai sih ya) saya menemukan sebuah titik dimana saya harus bisa menjadi diri saya sendiri. Menerima bahwa, saya ibu rumah tangga, saya di rumah, tapi saya tetap harus bisa produktif dan mengapresiasi diri saya sendiri.

Dan tentunya menemukan lagi definisi kebahagiaan untuk saya sendiri. Yang selama ini mungkin aja ada, tapi gak pernah saya sadari dan saya syukuri.


Memulainya dari Blog

Inget banget, pertama kali ngeblog di atas meja setrika pakai laptop turunan dari suami.

Disitu saya bingung, mau nulis apaan, mau cerita apaan, mau upload foto apaan, oh susahnya ternyata nulis itu ya, hehehe.

Kemudian saya gak sengaja menemukan komunitas Emak Blogger, dimana saya mencoba memberanikan diri berkenalan, haha hihi, menyapa blogger lain yang luarrrr biasaaa banyak banget dari berbagai profesi and then we support each other by blogwalking.

Rasanya kok kayak ada energi baru ya? Saya kok kayak dapet ruang dan dunia baru ya?

Dari situlah saya mulai menulis, menulis, dan menulis hingga blog saya mulai terisi dengan tulisan yang cukup bermanfaat lah buat dibaca orang lain, mwahaha (Sebelumnya gak ngerti lah nulis apa) dan saya gunakan blog itu untuk mendaftar di komunitas Mombassador SGM Eskplor.

And voilaaaa, saya terpilih jadi keluarga besar Mombassador SGM Eksplor sampai detik ini. Dan sangat banyak manfaat yang bisa saya rasakan dengan berkomunitas di Mombassador SGM Eksplor.

Baca juga: Pengalaman Bergabung di Komunitas Mombassador SGM Eksplor

Photo by Mba Rizkha Andhini

Jadi semacam gak akan ada lah Kim Ji Young selanjutnya asalkan dia tahu bagaimana mengelola potensinya, cara mengupgrade diri, cara menemukan teman sharing, teman bertumbuh dan berkembang, dan akhirnya menemukan letak kebahagiaan itu sendiri.

Serunya upgrading diri di Kelas Bunda Mombassador SGM Eksplor 
Sharing session bersama Mira Agile seorang Mominfluencer

Kebahagiaan yang memang sulit dirasakan oleh orang lain, tetapi diri kita sendiri nyaman dan merasa  di tempat yang benar.

So, bagi saya, kebahagiaan itu memang harus kita temukan sendiri, kita cari sendiri, apa yang sebenernya diri kita butuhkan. Apalagi di era digital ini, buatlah tempat untuk diri kita sendiri. 

Jujur dulu sejak kecil, cita-cita kan selalu mengikuti profesi yang sudah ada, macam dokter, perawat, tentara, polisi, dll.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, profesi-profesi tersebut seakan kok gak relevan ya sama pola pikir saya? gak sesuai dengan idealisme saya? gak pas dengan karakter saya? Hingga akhirnya ada satu hal yang membuat kita nyaman dalam melakukan sesuatu, dan mendapatkan rasa bahagia tanpa harus berprofesi seperti orang lain.

Apakah Saya Ini Generasi Maju?


Dengan tidak memiliki profesi yang spesifik dan berkontribusi langsung bagi masyarakat, apakah saya ini termasuk Generasi Maju?

Oh, tentuuu sajaaa, saya tetap merasa saya ini Generasi Maju.

(Pedeee benerrrr, heheheh)

Iya dong, tentunya sesuai perubahan zaman yang kita lihat sekarang, seseorang masih bisa berkontribusi untuk masyarakat bahkan negara dan bangsa ini sekalipun ia menjadi ibu rumah tangga di rumah.

Banyaaakkk banget IRT yang impactfull banget buat masyarakat karena karya-karyanya (Mba Puti Puar Misalnya). IRT yang juga menyebarkan informasi positif yang membangun, memotivasi, seputar kesehatan, parenting, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengembangkan 5 Potensi Prestasi Anak Usia Dini

Berbahagia dengan Berkomunitas

Photo by Mba Rizkha Andhini

Saya selalu ngasih saran begini karena saya sendiri sudah merasakan betapa besar pengaruh komunitas terhadap psikologis kita sebagai Ibu, khususnya Ibu Rumah Tangga yang merasa gak dihargai, gak mampu, gak bisa apa-apa, dll.

Jangan pernah biarkan bakat kita, potensi kita, karya kita, dibatasi oleh pikiran-pikiran negatif kita sendiri.

Berbahagialah dalam berkomunitas, carilah komunitas yang positif, yang bisa mengeluarkan bakat terpendam kita, yang mampu mengasah ide cemerlang kita, dan lain sebagainya.

Trust Me, yang sekarang lagi galau banget di rumah, buka gadget atau laptop, cari komunitas yang bisa bikin kita berkembang, insya alloh, gak akan galau lagi deh.

Mencari hobi itu penting sekali

Atau kalau memang kita merasa ingin dikenal oleh orang lain sebagai diri kita, gak ada salahnya untuk show our work di media sosial atau sharing di blog.

Baca juga: Lahirnya Generasi Maju Berawal dari Peran Ibu

Baeqlah, ini udah cukup panjang sepertinya.

Kesimpulannya, temukan definisi kebahagiaan menurut kita sendiri. Jangan biarkan pikiran kita mempersempit kebahagiaan itu sendiri hanya karena melihat orang lain.

Yakini kita ini bisa, kita ini punya potensi, kita bisa bahagia dengan cara kita sendiri.

Dan temukanlah apa yang membuat diri kita berharga dan menjadi Generasi Maju di masa kini.


Salam hangat :D


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga kita selalu menjadi ibu yang bahagia :)